Silabus IPA3

SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                         : SMP AL – IHSAN BOGOR

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA )

Kelas                             : IX (Sembilan)

Semester                       : 1 (Satu)

Standar Kompetensi: Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

1.1  Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

 

Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
  • o Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun  sistem ekskresi pada manusia melalui studi pustaka
  • o Mengamati torso/gambar  karakteristik struktur organ penyusun  sistem ekskresi pada manusia
  • o Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada  sistem ekskresi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/rumah sakit)
  • Mendeskripsikan  bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
  • Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
  • Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
  • Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi

 

  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Penugasan
  • Pemberian angket
  • PG
  • Uraian
  • Proyek
  • Angket

 

  •  Organ yang bentuknya mirip kacang dan berwarna merah maron adalah ….

a. Jantung

b. paru-paru

c. ginjal

d. hati

  •  Kemukakan fungsi sistem ekskresi yang dimiliki oleh tubuh manusia!
  •  Buatlah tulisan tentang salah satu contoh penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari!
  •  Lembar penilaian antar teman untuk menilai tingkat keterlibatan siswa dalam penyelesaian proyek)
  • Angket model skala Likert

 

3 x 40’

Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

1.2  Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia

 

Sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
  • o Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun  sistem reproduksi pada manusia melalui studi pustaka
  • o Mengamati torso/gambar  karakteristik struktur organ penyusun  sistem reproduksi pada manusia
  • o Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada  sistem reproduksi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/rumah sakit)
  • Menyebutknmacam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia
  • Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi
  • Menulis artikel tentang  cara  penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
  • Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi

 

  • § TTes tertulis
  • Tes tertulis
  • Penugasan
  • § PPenugasan

 

PG

  • Uraian

tugas rumah

Angket

  • § Salah satu organ yang menyusun sistem reproduksi pada laki-laki adalah ….
  • § Jelaskan fungsi uterus yang terdapat dalam sistem reproduksi wanita!
  • § Buatlah tulisan tentang penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi!
  1. testes
  2. ovarium
  3. oviduct
  4. uterus
  • § Angket skala perbedaan semantik

3 x 40’

Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

1.3  Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

 

Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
  • o Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun  sistem kordinasi alat indera pada manusia melalui studi pustaka
  • o Mengamati torso/gambar  karakteristik struktur organ penyusun  sistem koordinasi dan alat indera pada manusia
  • o Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada  sistem koordinasi dan alat indera pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/rumah sakit)
  • Membandingkan bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia
  • Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi
  • Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan fungsinya
  • Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

 

  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • · Tes unjuk kerja
  • Penugasan
  • · PG
  • · Uraian
  • · Uji petik kerja
  • Tugas rumah

 

  • Perhatikan gambar sistem saraf berikut ini.

Bagian otak kecil dan sumsum lanjutan ditandai dengan nomor ….

  1. 1 dan 2
  2. 2 dan 3
  3. 3 dan 4
  4. 4 dan 1
  • · Deskripsikan fungsi otak besar!
  • · Dengan menggunakan model mata, tunjukkan dan deskripsikan fungsi bagian pupil dan retina
  • · Buatlah kliping tentang penyakit pada alat indra yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

3 x 40’

Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Mengetahui,

Kepala SMP AL – IHSAN

 

 

 

(SAEP SUKANDAR, S.Ag )

NIP/NIK : ……………………………….

                                                  Juli  2012

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

( EFAH LATIFAH )

NIP/NIK : ……………………………….

SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                         : SMP AL – IHSAN BOGOR

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA )

Kelas                             : IX (Sembilan)

Semester                       : 1 (Satu)

Standar Kompetensi : 2.  Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan

 

Kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang peran adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan hubungannya dengan kelangsungan hidup mahluk hidup
  • o Melihat peristiwa mekanisme adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan hubungannya dengan kelangsungan hidup mahluk hidup melalui video/film
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka dan merumuskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan sebagai mekanisme untuk mendukung kelangsungan hidup
  • Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
  • Memprediksikan   punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
  • Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
  • Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi     kelangsungan hidup
  • Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan

 

  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Penugasan
  • PG
  • Isian
  • Uraian
  • Isian
  • Tugas rumah

 

  • Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, banyak hewan kutub di musim dingin melakukan …..

a. hibernasi

b. reproduksi

  1. adaptasi

d. toleransi

  • Badak bercula satu hampir punah karena selain habitatnya rusak juga disebabkan ….
  • Hubungan interspesifik yang bagimanakah yang berkaitan erat dengan  seleksi alam? Berikan contohnya!
  • Untuk melestarikan jenisnya, makhluk hidup memiliki kemampuan untuk ….
  • Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberap jenis tumbuhan dan hewan
4 x 40’ Buku siswa, buku referensi, video, gambar LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2.2  Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup

 

  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi dari materi genetis baik gen maupun kromosom dilihat dari sifat-sifatnya
  • o Merumuskan sifat gen dan kromosom
  • Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
  • Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediat
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Isian
  • Uraian
  • Materi genetis yang bertanggung jawab dalam penurunan sifat adalah ….
  • Kemukakan perbedaan pengertian resesif. Dominan dan intermediat!

 

Buku siswa, buku referensi, gambar LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2.3  Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya Proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi proses pewarisan sifat pada mahluk hidup
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang besarnya peluang yang terjadi dalam pewarisan sifat pada mahluk hidup
  • Menentukan gamet dari genotip tetua/induk
  • menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan

 

  • Tes tertulis
  • Tes tertulis

 

  • Isian
  • Uraian

 

  • Bila induk bergenotif Mm maka gamet yang bersifat dominan adalah ….
  • Organisme yang bergenotif BB di silangkan dengan sesamanya yang bergenotif bb. Buatlah bagan persilangannya hingga F2!

 

4 x 40’ Buku siswa, buku referensi, video, gambar LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

2.4 Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

 

Penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian, macam, dan manfaat bioteknologi yang mendukung kelangsungan hidup manusia
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh-contoh penerapan bioteknologi dalam produksi pangan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia
  • o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh produk bioteknologi baik yang konvensional maupun yang modern yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pangan
  • o Melakukan observasi untuk mendata produk bioteknologi yang sederhana dan yang modern yang dipakai di lingkungan rumah tangga
  • Mendefinisikan pengetian bioteknologi
  • Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan
  • Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya
  • Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari buah, penanaman secara hidroponik dan aeroponik)

 

  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Penugasan
  • Penugasan
  • Uraian
  • Uraian
  • Tugas proyek
  • Tugas rumah
  • Definisikan pengertian bioteknologi!
  • Kemukakan minimal dua keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan!
  • Lakukanlah survey dilingkungan sekitar yang berhubungan dengan pemanfaatan bioteknologi konvensional dan laporkan hasilnya
  • Rencanakan dan lakukan pembuatan tape (ketan atau singkong) laporkan hasilnya
4 x 40’ Buku siswa, buku referensi, video, gambar LKS, lingkungan
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Mengetahui,

Kepala SMP AL – IHSAN

 

 

 

(SAEP SUKANDAR, S.Ag )

NIP/NIK : ……………………………….

                                                  Juli  2012

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

( EFAH LATIFAH )

NIP/NIK : ……………………………….

SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                         : SMP AL – IHSAN BOGOR

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA )

Kelas                             : IX (Sembilan)

Semester                       : 1 (Satu)

Standar Kompetensi:  3.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

3.1  Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari Listrik statis
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang munculnya muatan listrik pada suatu benda, dan benda-benda yang dapat bermuatan listrik
  • Mengkaji variabel independen dan variabel dependen serta prosedur yang berkait dengan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
  • Merancang, melaksanakan, dan menyusun laporan hasil percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik

 

  • Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
  • Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
  • Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat  muatan listrik
  • Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik

 

  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes unjuk kerja
  • Tes tertulis

 

  • Uraian
  • Isian
  • Uji petik kerja prosedur
  • Uraian
  • Jelaskan proses benda tertentu dapat bermuatan bila digosok!
  • Berilah contoh peristiwa yang dapat menhasilkan benda sehingga dapat bermuatan listrik!
  • Lakukan percobaan untuk menunjukkan sifat muatan listrik dengan menggunakan alat-alat seperti plastik, kaca, kain wool, kain sutra, benang, statif.
  • Tentukan besar gaya tolak atau gaya tarik, bila muatan listrik benda A dan B serta jarak antara keduanya diketahui!
6×40’ Buku siswa, LKS, Alat-alat praktek
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

3.2  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Listrik dinamis
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang arus listrik dan beda potensial listrik.
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan cara membuat rangkaian listrik baik secara seri maupun paralel.
  • Mengamati berbagai gambar rangkaian listrik baik secara seri maupun paralel untuk menemukan prinsip perangkaiannya
  • Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang hambatan dari beberapa jenis bahan baik yang tergolong konduktor, semikonduktor, dan isolator, serta prosedur penerapan Hukum Kirchoff.
  • Memecahkan soal-soal yang berkait dengan perhitungan hambatan pengganti rangkaian listrik

 

  • Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik
  • Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
  • Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.
  • Menyelidiki  hubungan  antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm) #
  • Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
  • Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian
  • Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel
  • Tes tertulis
  • Tes unjuk kerja
  • Penugasan
  • Penugasan
  • Tes unjuk kerja
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis

 

  • Uraian
  • Uji petik kerja produk
  • Tugas rumah
  • Tugas proyek
  • Tes identifi-kasi
  • Uraian
  • Uraian
  • Jelaskan perbedaan antara arus listrik dan beda potensial listrik!
  • Buatlah bagan rangkaian seri dan paralel dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan!
  • Buatlah data simulasi dan buatlah tabel dan grafik sehingga dapat menunjukkan hubungan antara besarnya arus listrik dan beda potensial!
  • Lakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara arus listrik dan beda potensial dengan menggunakan alat-alat yang tersedia, laporkan baik secara tertulis maupun secara lesan melalui presentasi kelas
  • Disediakan bahan-bahan,Kelompokkan bahan-bahan yang termasuk konduktor, isolator dan semikonduktor!
  • Gunakan Hukum Kirchoff untuk menghitung V dan I pada rangkaian di bawah ini

Gambar rangkaian!

  • Hitunglah besarnya hambatan pengganti rangkaian listrik seri seperti yang tampak pada gambar di bawah ini1

Gambar rangkaian!

 

6×40’ Buku siswa, alat peraga, LKS
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

3.3  Mendeskripsi-kan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Arus listrik
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang gaja gerak listrik, susunan elemen listrik, cara kerja elemen listrik,
  • Mempraktikkan cara tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
  • Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
  • Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
  • Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes unjuk kerja
  • Uraian
  • Uraian
  • Uji petik kerja
  • Jelaskan apa yang dimaksud pengertian GGL (Gaya Gerak Listrik)!
  • Uraikan bagaimana prinsip kerja elemen listrik (primer dan sekunder)!
  • Ukurlah besar tegangan listrikdengan menggunakan Voltmeter!
2×40’ Buku siswa, buku referensi,Voltmeter
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

3.4  Mendeskripsi-kan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Energi dan Daya listrik
  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan ubungan antara V, I dan energi listrik, hubungan antara daya listrik energi listrik,  dan satuannya (kWh dan Joule)
  • Menyelesaikan soal-soal yang berkait dengan perhitungan penggunaan listrik
  • Melakukan eksperimen sedehana untuk menunjukkan perubahan energi listrik ke bentuk energi lain
  • Mengkaji cara-cara yang tepat untuk melakukan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan dasar teori yang mendukung berdasar kajian pustaka
  • Menjelaskan hubungan antara V, I dengan energi listrik yang digunakan.
  • Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik,  dan satuannya (kWh dan Joule)
  • Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
  • Menunjukkan perubahan energi listrik   menjadi  energi bentuk lain
  • Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.

 

  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Penugasan
  • Penugasan
  • Tes unjuk kerja

 

  • Uraian
  • Uraian
  • Tugas rumah
  • Proyek
  • Uji petik kerja prosedur
  • Tentukan energi listrik yang digunakan bila tegangan dan kuat arus diketahui!
  • Tentukan energi listrik dalam satuan KWh bila daya listrik diketahui dalam satuan joule!
  • Lihatlah KWh meter yang ada dirumahmu, kemudian hitunglah penggunaan energi listrik yang terpakai selama 1 bulan!
  • Lakukan percobaan tentang energi listrik, kemudian amati perubahan energi listrik yang terjadi!
  • Ceritakan bagaimana cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari?
6×40’ Buku siswa, LKS, Voltmeter, Ampermeter, kabel-kabel penghubung
Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Mengetahui,

Kepala SMP AL – IHSAN

 

 

 

(SAEP SUKANDAR, S.Ag )

NIP/NIK : ……………………………….

                                                  Juli  2012

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

( EFAH LATIFAH )

NIP/NIK : ……………………………….

SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                     : SMP AL – IHSAN BOGOR

Mata Pelajaran                         : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas                                         : IX (Sembilan)

Semester                                  : 2 (Dua)

Standar Kompetensi: 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

4.1     Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet

Gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
  • o Mengkaji pustaka untuk mencari karakteristik sifat kutub magnet, sifat medan magnet, dan pengertian teori magnet bumi
  • o Merumuskan  karakteristik sifat kutub magnet, sifat medan magnet, dan pengertian teori magnet bumi
  • o Mempratikkan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan
  •  Menunjukkan sifat kutub magnet
  • Mendemonstrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan
  •  Memaparkan teori kemagnetan bumi
  •  Menjelaskan sifat  medan magnet secara kualitatif di sekitar kawat bermuatan arus listrik
  • Tes unjuk kerja
  • Tes unjuk kerja
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes identifikasi
  • Uji petik kerja produk
  • Uraian
  • Uraian
  • Tunjukkan bagian-bagian magnet pada magnet batang!
  • Lakukanlah cara untuk membuat magnet jika disediakan besi lunak dan magnet batang
  • Jelaskan tentang teori kemagnetan bumi!
  • Jelaskan arah arus listrik dan arah medan magnet disekitar kawat berarus listrik!
3×40’ Buku siswa, LKS, magnet batang, statif dan benang nilon, serbuk besi
Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

4.2     Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi Pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
  • o Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang prinsip dari kinerja  elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk teknologi
  • Menyelidiki penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari
  •  Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk teknologi
  •  Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari
  • Menyadari pentingnya pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
  • Tes tertulis
  • Penugasan
  • Pemberian angkat
  • Uraian
  • Tugas rumah
  • Angket
  •  Jelaskan cara kerja sebuah bel listrik.
  •  Datalah alat-alat listrik yang ada dirumahmu dan kelompokkan yang prinsip kerjanya menggunakan gaya Lorenzt!
  •  Angket model skala Likert
3×40’ Buku siswa, bel listrik, buku refernsi
Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

4.3     Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik Konsep induksi elektromagnetik dan prinsip kerja alat yang mendasarkan prinsip induksi elektromagnetik
  • o Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi, prinsip kerja dinamo/generator secara sederhana, dan karakteristik transformator serta penerapannya
  • o Merancang dan melaksanakan percobaan untuk mengungkap hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi

 

  •  Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan
  •  Menjelaskan prinsip kerja dinamo/generator secara sederhana
  •  Menjelaskan secara kualitatif prinsip sederhana cara kerja transformator
  •  Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnetik  dan terjadinya gaya gerak listrik induksi  melalui percobaan

 

  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes unjuk kerja

 

  • Uraian
  • Uraian
  • Uraian
  • Uji petik kerja

 

  •  Jelaskan arah garis gaya di dalam medan magnet!
  •  Jelaskan prinsip kerja generator arus searah!
  •  Jelaskan cara kerja transformator (transformator step-up dan trafo step-down)!
  •  Lakukan percobaan untuk menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnetik  dan terjadinya gaya gerak listrik induksi
4×40’ Buku siswa, buku referensi
Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Mengetahui,

Kepala SMP AL -IHSAN

 

 

 

( SAEP SUKANDAR, S.Ag )

NIP/NIK : ……………………………….

                                                  Juli  2012

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

(EFAH LATIFAH )

NIP/NIK : ……………………………….

 

SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                     : SMP AL – IHSAN BOGOR

Mata Pelajaran                         : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas                                         : IX (Sembilan)

Semester                                  : 2 (Dua)

Standar Kompetenai: 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

5.1.  Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya Sistem tata surya
  • o Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang pengertian sistem tata surya, peredaran bulan, peredaran bumi, gravitasi, orbit dan hal-hal yang berkait dengan perbandingan antar planet.
  • o Merumuskan pengertian tentang sistem tata surya, peredaran bulan, peredaran bumi, gravitasi, orbit dan hal-hal yang berkait dengan perbandingan antar planet.
  • Mendeskripsikan  peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari
  • Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
  •  Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya
  • Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari, dan sebagainya dengan  menggunakan tabel
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes unjuk kerja
  • Tes tertulis

 

  • PG
  • Uraian
  • Uji simulasi
  • Uraian

 

  • Pergerakan bulan mengelilingi matahari menurut arah ….
  1. berlawanan dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari
  2. sesuai dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari
  3. tidak ada hubungannya dengan dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari
  4. berlawanan dengan pergerakan matahari mengelilingi bumi
  • Kemukakan apa pengertian  gaya gravitasi!
  • Tunjukkan arah orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya yang tersedia!
  • Gunakan tabel yang tersedia untuk menunjukkan perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, dan jarak rata-rata ke matahari!
4×40’ Buku siswa, buku referensi, alat peraga, model tata surya
Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.2.   Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet Matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
  • o Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang pengertian matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet, macam lapisan-lapisan penyusun, beserta perilakunya
  • o Merumuskan pengertian tentang bintang dan planet, deskripsi dari macam lapisan penyusun, serta deskripsi karakteristik perilakunya
  • Mendeskripsikan  matahari sebagai salah satu bintang
  • Mendeskripsikan sumber pembentukan energi matahari
  • Mendeskripsikan susunan lapisan matahari
  • Mendeskripsikan karakteristik dan perilaku bumi.
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis

 

  • PG
  • Uraian
  • Isian
  • Uraian
  •  Matahari merupakan ….
  1. Bintang
  2. satelit
  3. Planet
  4. meteor
  •  Matahari merupakan sumber energi, bahan-bahan apa saja  yang terkandung pada matahari!
  • Susunan lapisan matahari terdiri dari 1)…,2)…,3)…..,4)…..
  • Jelaskan bagaimana karakteristik perilaku bumi!
3×40’ Buku siswa, buku referensi, charta
Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.3  Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya Gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
  • o Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
  • o Merumuskan pengertian tentang gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
  • Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi
  • Mendiskripsikan terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari dan menghubungkannya dengan peristiwa pasang surut air laut
  • Menjelaskan fungsi   satelit buatan.

 

  • · Tes tertulis
  • · Tes tertulis
  • · Tes tertulis

 

  • Uraian
  • PG
  • isian

 

  •  Jelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi!
  •  Gerhana matahari terjadi bila ….
  1. bulan diantara matahari dan bumi
  2. bumi diantara matahai dan bulan
  3. bulan dianatara matahari dan pluto
  4. bumi diantara matahari dan pluto
  •  Fungsi satelit buatan adalah ….

 

4×40’ Buku siswa, buku referensi
Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.4  Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait denganperubahan zat dan kalor

 

Proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait denganperubahan zat dan kalor
  • o Menkaji pustaka untuk menggali hal-hal yang berkait dengan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait denganperubahan zat dan kalor
  • o Merumuskan hubungan antara proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer denganperubahan zat dan kalor
  • Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat dan kalor
  • Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis

 

  • Uraian
  • Uraian

 

  • Jelaskan pengaruh proses yang terjadi pada lapisan litosfer?
  • Jelaskan pengaruh proses yang terjadi pada lapisan atmosfer?

 

6×40’ Buku siswa, buku referensi
Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

5.5   Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan

 

Hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
  • o Mengkaji pustaka untuk menggali informasi tentang hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
  • o Merumuskan pengertian hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
  • Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan
  • Menjelaskan proses pemenasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi
  • Menjelaskan pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia
  • Menyadari bahayanya pengaruh negatif  proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Tes tertulis
  • Pemberian angket
  • Uraian
  • Uraian
  • Uraian
  • Angket
  • Jelaskan proses pelapukan di lapisan bumi?
  • Jelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi.
  • Jelaskan pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia
  • Angket dengan skala Likert
3×40 ’ Buku siswa, buku referensi
Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Mengetahui,

Kepala SMP AL -IHSAN

 

 

 

( SAEP SUKANDAR, S.Ag )

NIP/NIK : ……………………………….

                                                  Juli  2012

Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam

 

 

 

(EFAH LATIFAH )

NIP/NIK : ……………………………….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s